Minggu, 21 September 2014

TRAINER PEMBELAJARAN PLC ( OMRON CPM1A )

Media pembelajaran ini dapat membantu peserta didik mengenal dasar-dasar sistem kendali berbasis Programmable Logic Controller (PLC). CPM1A yang memiliki 6 input dan 4 output ini cukup memberikan gambaran tentang logika sistem kendali sederhana. 

Input menggunakan tombol tekan yang dilengkapi dengan terminal sambung (plug) bila menghendaki menggunakan input lain seperti sensor, limit switch, dan komponen input lainnya. Bagian output berupa indikator lamp/ lampu indikator sekaligus dilengkapi terminal sambung bila menghendaki menggunakan komponen output lain seperti motor listrik, bell, lampu pijar, dll.
Tegangan kerja input maks 24 VDC  dan daya ini supplaynya sudah disiapkan oleh PLCnya sendiri. CPM1A ini sekaligus mengeluarkan supplay tegangan 24 VDC.
Trainer ini dibuat dengan frame dasar partikel/multiplek. Untuk cover depan menggunakan plat aluminium dan acrylic. Demensi yang dibuat 60 cm x 50 cm dan dilengkapi dengan pengaman relay ganda untuk bagian output untuk memproteksi PLC terhadap komponen output yang memungkinkan merusak PLC. Meskipun output yang dioperasikan pada tegangan 220 VAC namun sebenarnya output pada PLC hanya bekerja pada 12 VDC sehingga cukup aman untuk sebuah trainer yang digunakan untuk pengenalan dasar PLC.


5 komentar:

  1. maaf pak , bisa minta daftar harga produknya? mksh...

    BalasHapus
  2. maaf pak , bisa minta daftar harga produknya? mksh...

    BalasHapus
  3. suwun mas gagoek widodo..
    sebelumnya minta maaf baru replay...
    untuk price list product belum kami buat pak..saya belum tau harga unit PLC nya sekarang...coba saya update harga PLC terbaru dulu...baru kami bisa sampaikan harga...sekali lagi mohon maaf....(maklum lg sibuk ndampingi UKK dan persiapan UNBK)

    BalasHapus
  4. maaf pak , bisa bantu saya, sekolah saya punya plc persis seperti itu bekas scrap PT, tapi tak ada kabel data/komunikasinya..bisa bantu saya pak utk mendapatkan kabelnya pak ? mksh

    BalasHapus
  5. maaf pak , bisa bantu saya, sekolah saya punya plc persis seperti itu bekas scrap PT, tapi tak ada kabel data/komunikasinya..bisa bantu saya pak utk mendapatkan kabelnya pak ? mksh

    BalasHapus